Minggu, 09 September 2018

Resensi

Kiat Sukses Meniti Karier di Berbagai Bidang
Oleh: Marzuki Wardi
Dimuat di Harian Koran Jakarta edisi Jumat 31 Agustus 2018

Judul                : Jitu Menjual Diri dalam Berbagai Situasi
Penulis              : John Afifi
Penerbit            : Laksana
Tahun Terbit     : Pertama, 2018
Tebal                : 184 Halaman
ISBN               : 978-602-407-302-2
Hidup sukses merupakan impian semua orang. Dimanapun tempat bekerja. Entah di dunia pendidikan, bisnis, perkantoran, perindustrian, pertanian, dan sebagainya. Semuanya pasti bermuara pada kata sukses. Tapi, untuk mencapai hal tersebut tentu dibutuhkan usaha yang giat dan kerja keras. Disamping itu, kecakapan (skill) yang memadai juga tidak luput sebagai penentu. Buku berjudul “Jitu Menjual Diri dalam Berbagai Bidang” ini menyajikan tips dan trik praktis untuk menunjang kecakapan tersebut.
Bagi Anda yang (ingin) bergelut dalam bidang bisnis misalnya. Ada beberapa trik yang dapat diterapkan dalam mempresentasikan manajemen bisnis di hadapan audiensi. Diantaranya adalah menghiasi presentasi dengan cerita, menggunakan nada suara yang berbeda, dan berfokus pada lima sendi pokok presentasi. Lima sendi yang dimaksud adalah pertama, presentasi dengan slide sederhana tetapi kuat secara visual. Kedua, presentasi dengan menunjukkan poin utama dari setiap slide yang disajikan. Ketiga, presentasi dengan ilustrasi sederhana tapi memahamkan. Keempat, presentasi dengan memberikan kesimpulan di balik data-data yang rumit. Kelima, presentasi dengan memberikan contoh langsung yang biasanya terjadi di dunia kerja (Hal. 25).
Selain bagi yang sudah mengawali karier sebagai seorang manajer bisnis, penulis juga menyajikan tips dan trik bagi yang sedang melamar pekerjaan di berbagai instansi atau perusahaan, agar mudah diterima. Salah satu hal yang patut diperhatikan di sini adalah trik mengikuti tes wawancara. Sebagaimana diketahui, wawancara merupakan rangkaian yang sangat menentukan dalam proses penerimaan karyawan atau pegawai. Oleh karenanya, test wawancara tidak dapat disepelekan.
Ada beberapa tips dan trik yang ditawarkan oleh penulis untuk mempermudah proses wawancara. Pertama, Anda harus menyiapkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang umum diajukan. Pertanyaan umum di sini adalah terkait tentang identitas pribadi, alasan berhenti bekerja dari pekerjaan semula (bagi yang sebelumnya sempat bekerja di tempat lain) atau alasan memilih instansi yang dilamar, dan nominal gaji yang diinginkan. Kedua, mengenakan pakaian yang rapi dan sopan. Ketiga, datang 15 menit lebih awal. Keempat, tampil smart, ramah dan percaya diri. Keenam, mengetahui waktu harus berbicara dan berhenti. Ketujuh, bersemangat menjawab pertanyaan. Kedelapan, menjadi pribadi yang hangat dan menyenangkan (Hal. 38).
Tidak hanya terkait dua bidang di atas. Jika Anda lebih tertarik mengembangkan usaha sendiri di rumah (home industri), seperti produk makanan dan minuman siap saji misalnya, penulis juga menyarankan berbagai tips dan trik menarik memasarkan produk. Hal pertama yang harus dilakukan dalam hal ini adalah memastikan kelezatan rasa masakan atau minuman. Jika kelezatan sudah terjamin, barulah kita melangkah ke tahapan berikutnya, yakni memberikan umpan balik, memberikan diskon atau promo, mempertahankan loyalitas pembeli, dan mengevaluasi keluhan pembeli. Adapun trik prospek produk yang dapat dicoba diantaranya: mengumpulkan testimoni, membuat perencanaan jadwal kegiatan, memiliki inisiatif diri sendiri, dan memperluas jaringan (Hal. 80). Jika semua tahapan tersebut sudah dilewatkan, maka produk makanan dan minuman dijamin akan terjual laris.
Buku ini sangat layak bagi siapa saja yang ingin sukses meniti karier di berbagai bidang. Tidak hanya bagi para pekerja atau pegawai kantoran (employee), tapi juga bagi mereka yang mengembangkan usaha sendiri (self-employed). Selain dikemas dengan bahasa yang sederhana dan lugas, buku ini juga sangat aplikatif dan solutif sehingga tidak terkesan muluk.
Lombok Tengah, 29 Agustus 2018
Marzuki Wardi, alumnus Pendidikan Bahasa Inggris (FPBS) IKIP Mataram. Menulis Cerpen, Esai dan Resensi. Bermukim di Lombok Tengah, NTB.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerpen

  Wasiat Kiai Seman ilustrasi ini diunduh dari https://himpuh.or.id/blog/detail/70/detik-penaklukkan-makkah-oleh-rasulullah-dan-para-sahabat...